Sapi Kurban Amanah Bersama
Jual Sapi Kurban Th 2017 Paling Lengkap & Terpercaya

Kiat Memilih Sapi Qurban yang Tepat

Banyak yang bertanya, bagaimana sih kiat-kiat memilih sapi yang baik dan tepat untuk qurban . Karena Hari Idul Adha atau Idul Qurban tahun 2013 ini semakin dekat dan ini sangat penting agar sapi  qurban kita diterima oleh Allah SWT sebagai amal ibadah kita. Oleh karena itu kiranya perlu “Amanah Bersama” memberikan kiat atau tips bagaimana cara memilih sapi qurban kita dengan tepat.

jual sapi kurban bali 2013 -2

Berikut kiat-kiat memilih sapi untuk qurban:

  1. Pilihlah sapi  jantan atau betina dalam kondisi cukup Usia

Hal ini bisa dilihat dari gigi serinya (rahang bawah depan) sudah berganti gigi tetap. Karena di hadist disebutkan  “Janganlah kamu menyembelih binatang ternak untuk qurban kecuali musinnah (telah ganti gigi, kupak). Jika sukar didapati, maka boleh jadz’ah (berumur 1 tahun lebih) dari domba.” (HR Muslim). Para ulama menjelaskan, makna musinnah adalah jika pada unta sudah berumur 5 tahun, sapi umur 2 tahun, kambing umur 1 tahun, dan domba antara 6 bulan hingga 1 tahun.Kalau anda ragu, anda bisa minta penjual ternak untuk menunjukkan posisi gigi serinya.

  1. Pilihlah Sapi yang sehat dan tidak cacat

Alasannya sesuai dengan bunyi hadist “Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3. pincang dan 4. kurus yang tidak berlemak lagi “ (HR Bukhari dan Muslim).

Mengenai luka karena penanda telinga (ear tag), luka tanda bakar dan ternak dikebiri, mayoritas literatur menyebutkan tidak termasuk cacat yang dimaksudkan dalam hadist, jadi hukumnya tetap sah.

  1. Pilih ternak yang gemuk pada bagian pantat, leher dan dada.

Posisi perut harus relative ramping dan tidak kendor ke bawah. Perlu diketahui bahwa ternak dengan perut besar, ada indikasi ternak tersebut di gelonggong, apakah dengan singkong, jagung manis, air dan bahkan pasir. Ini jelas akan merugikan anda.

  1. Pilih ternak dengan bulu mulus dan mengkilat.

Ternak yang kelihatan mulus dan mengkilat juga bisa jadi indikasi praktis ternak tersebut organ dalamnya tidak bermasalah dan tidak cacingan.

  1. Perhatikan posisi kaki

Sapi yang sehat tungkainya harus tegak, kaki belakang tidak bengkong. Kuku kaki juga harus terlihat sehat, tidak terlalu panjang dan bengkak. perhatikan juga kaki depannya, sapi yang baik harus tegak dan relatif lurus. Jika membentuk huruf X, maka ada indikasi sapi tersebut sakit.

  1. Perhatikan perilaku sapi.

sapi yang sehat sorot matanya tajam dan reaktif, tidak diam seperti sedang sakit. Jangan memilih ternak yang mengeluarkan ingus (warnanya kekuningan), bersin-bersin dan batuk, karena ternak tersebut terindikasi terkena penyakit paru dan pernafasan.
Itulah Kiat Kiat Memilih Sapi Qurban yang Tepat. Pertanyannya di Tahun 2013 ini, sudahkan anda membeli sapi qurban? “Amanah Bersama” sebagai penyedia penjualan sapi qurban yang telah berpengalaman siap menjadi mitra anda dalam hal penyedian sapi qurban di tahun 2013 ini

Terima kasih,

Wassalam

 

 

Nurhamid

Sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silahkan Hubungi Kami :

Silahkan Hubungi Kami :

Statistik Pengunjung